Rabu, 26 September 2018

Jaringan Komputer Resume Pertemuan 1

TUGAS JARINGAN KOMPUTER
RESUME PERTEMUAN I

1.      Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah suatu kumpulan komputer, alat, dan peripheral lainya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel atau tanpa kabel, sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat bertukar data, mencetak pada printer yang sama, dan menggunakan hardware dan software bersama-sama yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer dan peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut Node.

2.      Jenis Jaringan Komputer
a.       PAN (Personal Area Network)
                 PAN merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh beberapa buah komputer atau antara komputer dengan peralatan non-komputer. Sebuah LAN dapat dibuat dengan menggunakan teknologi wire dan wireless network. Teknologi Wire PAN biasanya menggunakan perangkat USB dan FireWire. Sedangkan Wirelles PAN menggunakan teknologi Bluetooth, Wife, dan InfraRed. Saat ini Wireless PAN (WPAN) lebih disukai para pengguna. Sebuah WPAN dapat dibangun dengan cepat berkat kehadiran perangkat Bluetooth.

b.      MAN (Metropolitan Area Network)
                 Teknologi yang digunakan MAN mirip dengan LAN. Hanya saja arenya lebih besar dan komputer yang dihubungkan pada jaringan MAN jauh lebih banyak dibandingkan dengan LAN. MAN merupakan jaringan komputer yang meliputi area seukuran kota atau gabungan beberapa LAN yang dihubungkan menjadi sebuah jaringan besar. MAN bisa juga berupa gabungan jaringan komputer beberapa sekolah atau kampus. MAN dapat diimplementasikan pada Wire atau Wireless Network. MAN dapat memanfaatkan jaringan TV kabel yang umumnya menggunakan kabel jenis coaxial atau serat optik.
                  Dewasa ini, infrastruktur MAN mulai dipadukan dengan teknologi wirelles. Wirelles Network semakin populer karena tidak memerlukan instalasi kabel yang rumit dan mahal. Selain itu wirelles network dapat menjangkau area yang sulit dijangkau kabel. Salah satu penggunaan wirelles network adalah WIMAX.
c.       LAN (Local Area Network)
                  LAN berhubungan dengan area network yang berukuran relatif kecil. Oleh sebab itu LAN dapat dikembangkan dengan mudah dan mendukung kecepatan transfer data  yang cukup tinggi. Ada 4 bentuk dasar LAN yang disebut topologi fisik LAN, yaitu:
Ø  Topologi Bus
      Menggunakan sebuah kabel backbone dan semua host yang terhubung secara langsung pada kabel tersebut.
Ø   Topologi Star
      Menghubungkan semua komputer pada sentral atau konsetrator. Biasanya konsetrator adalah sebuah hub atau switch.

Ø  Topologi Ring
      Menghubungkan host dengan host lainya hingga membentuk ring atau lingkaran.
Ø  Teknologi Mesh atau Fully-Mesh
      Menghubungkan setiap komputer secara point to point. Artinya setiap komputer akan terhubung satu-satu sehingga tidak dijumpai ada link yang putus. Teknologi ini biasanya digunakan pada area yang kritis, seperti instalasi nuklir.

d.      WAN (Wide Area Network)
                  WAN jangkauanya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program.

3.      Kabel Jaringan
                  Kabel jaringan adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan suatu perangkat jaringan ke perangkat jaringan yang lain atau untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi sumber daya. Ada beberapa jenis kabel jaringan komputer seperti kabel coaxial, kabel fiber optik, kabel Twisted Pair dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar